Rabu, 17 Juli 2013

Game of Thrones - Lebih Dari Sekadar Perebutan Takhta Kerajaan

Kemarin saya baru saja selesai menonton season ketiganya film seri Game of Thrones. Bagi yang belum tahu, film seri ini diangkat dari serial novel high fantasy karya George R. R. Martin yang berjudul A Song of Fire and Ice. Buku pertamanya berjudul A Game of Thrones, buku kedua A Clash of Kings, buku ketiga A Storm of Swords, buku keempat A Feast for Crows, dan buku kelima A Dance with Dragons. Serial ini masih berlanjut sampai sekarang.




Ceritanya sendiri bertempat di suatu dunia fantasi bernama Westeros. Ada berbagai keluarga yang saling memperebutkan takhta kerajaan. Beberapa keluarga yang disoroti adalah Keluarga Baratheon, Lannister, Stark, dan Targaryen.
Di awal cerita, yang memegang gelar sebagai raja adalah Robert Baratheon, yang beristrikan Cersei Lannister. Keluarga raja sebelumnya, yakni Targaryen, telah habis dibantai dan hanya tersisa kakak beradik Viserys dan Daenerys yang dibuang ke sebrang lautan di timur. 
Robert Baratheon yang bersahabat dengan Eddard Stark, meminta pria ini untuk menjadi tangan kanannya di istana. Eddard pun harus meninggalkan wilayah kekuasaannya di utara, yakni Winterfell, untuk bergabung dengan Robert di ibukota kerajaan di selatan, yakni King's Landing. Eddard juga harus berhadapan langsung dengan berbagai intrik kerajaan dan mengungkap rahasia-rahasia yang membahayakan nyawanya.
Sementara itu jauh di timur, Viserys Targaryen merencanakan untuk kembali ke Westeros dan merebut kembali takhta kerajaan. Dan jauh di utara, beredar desas desus akan kebangkitan para white walkers dan undeads.

Sebenarnya inti ceritanya bukan sesuatu yang tidak umum ya, tentang perebutan takhta kerajaan. Namun yang membuat Game of Thrones menarik untuk diikuti adalah fakta bahwa karakter-karakter dalam ceritanya tidak ada yang seratus persen baik atau seratus persen jahat. Semua orang hanya berusaha memperjuangkan apa yang menurut mereka benar, walaupun harus berbuat licik dan saling mengkhianati.

Satu hal yang perlu diingat dalam menonton Game of Thrones adalah jangan terlalu menyukai atau mendukung salah satu karakter kalau tidak mau sakit hati. Orang-orang yang kita anggap baik dan bertindak sesuai moral bisa jadi malah mati mengenaskan, sedangkan orang-orang yang kita anggap bejat malah terus hidup dan bebas bertindak semena-mena.

Sekarang, yuk kita kenalan sama keempat keluarga yang saya sebut di atas.


Keluarga Baratheon

Wilayah: King's Landing (Robert), Dragonstone (Stannis), Storm's End (Renly)
Lambang: Rusa jantan
Moto: Ours is the Fury



  • Robert Baratheon -- raja yang gemar berburu dan mabuk-mabukan. Dulunya dia adalah pemimpin pemberontakan yang menggulingkan raja sebelumnya, Aerys Targaryen.
  • Stannis Baratheon -- adik dari Robert, menikah dengan Selyse dan memiliki tiga anak laki-laki yang semuanya meninggal saat dilahirkan, dan seorang anak perempuan bernama Shireen yang memiliki cacat wajah.
  • Renly Baratheon -- adik dari Robert, seorang homoseksual. Dia menikah dengan Margaery Tyrell untuk menutupi kenyataan bahwa sebenarnya dia berhubungan dengan Loras Tyrell.
Keluarga Lannister
Wilayah: Casterly Rock
Lambang: Singa
Moto: Hear Me Roar! atau A Lannister always pays his debt
  • Tywin Lannister -- kepala keluarga Lannister, keluarga yang paling kaya dan berpengaruh; bahkan kerajaan memiliki banyak sekali hutang pada Keluarga Lannister. Ia memiliki 3 anak, yakni Cersei, Jaime, dan Tyrion, sedangkan istrinya meninggal saat melahirkan anak ketiga.
  • Cersei Lannister -- sang ratu. Ia memiliki tiga orang anak, Joffrey, Myrcella, dan Tommen. Ketiganya sebenarnya adalah hasil hubungannya dengan saudara kembarnya sendiri, Jaime, bukan dengan suaminya, Robert.
  • Jaime Lannister -- sang kepala pengawal raja. Dia yang secara langsung membunuh Aerys Targaryen, karenanya dia dijuluki Kingslayer.
  • Tyrion Lannister -- anak bungsu keluarga Lannister yang dibenci oleh ayahnya sendiri bukan hanya karena sang ibu meninggal saat melahirkan dia, tapi juga karena Tyrion memiliki cacat fisik (manusia setengah/dwarf). Walau badannya kecil, Tyrion bernyali besar dan dia tidak sungkan-sungkan menyampaikan pendapatnya tentang apapun.
  • Joffrey Lannister -- setelah Robert meninggal, Joffrey menjadi raja (fakta bahwa dia sebenarnya bukan ahli waris Robert amat sangat dirahasiakan, bahkan dia sendiri tidak tahu). Ia memiliki kecenderungan sadis, sepertinya untuk menyembunyikan sifat aslinya yang pengecut.
Keluarga Stark
Wilayah: Winterfell
Lambang: Serigala
Moto: Winter is Coming
  • Eddard Stark -- kepala keluarga Stark. Ia menikah dengan Catelyn Tully dan memiliki 5 orang anak, dan juga memiliki satu anak diluar nikah. Eddard tipe orang yang selalu bertindak sesuai moral dan patuh pada aturan.
  • Catelyn Stark -- seorang wanita yang kuat. Ia sangat menyayangi kelima anaknya, tapi membenci anak lelaki suaminya dengan wanita lain.
  • Robb Stark -- anak pertama keluarga Stark. Nantinya ia dijuluki The King in The North dan menikah dengan seorang wanita perawat bernama Talisa. Setiap anak di keluarga Stark memiliki seekor serigala, dan milik Robb bernama Grey Wind.
  • Sansa Stark -- anak kedua keluarga Stark. Ia dijodohkan dengan Joffrey dan ikut dengan ayahnya ke King's Landing. Serigala milik Sansa bernama Lady.
  • Arya Stark -- anak ketiga keluarga Stark yang juga ikut bersama Eddard ke King's Landing. Berbeda dengan Sansa yang feminin, Arya sangat tomboy dan pemberani; kadang dia bertindak tanpa pikir panjang. Serigala milik Arya bernama Nymeria.
  • Bran Stark -- anak keempat keluarga Stark, yang kedua kakinya lumpuh setelah didorong oleh Jaime Lannister dari atas menara. Nantinya ia memiliki kemampuan untuk merasuk ke dalam tubuh binatang/orang lain dan juga kemampuan meramal. Serigala milik Bran bernama Summer.
  • Rickon Stark -- anak bungsu keluarga Stark. Serigalanya ia beri nama Shaggydog.
  • Jon Snow -- anak dari Eddard dan seorang wanita tak dikenal. Ia pergi ke The Wall di utara untuk bergabung dengan Night's Watch yang bertugas menjaga Westeros dari serangan kaum wildings dan undeads. Serigala miliknya bernama Ghost.
Keluarga Targaryen
Wilayah: -
Lambang: Naga
Moto: Fire and Blood
  • Viserys Targaryen -- ahli waris terakhir keluarga Targaryen. Ia memberikan adik perempuannya kepada Khal Drogo untuk mendapatkan pasukan berkuda Dothraki yang menurutnya dapat membantunya merebut kembali takhta kerajaan sekembalinya ia ke Westeros.
  • Daenerys Targaryen -- menikah dengan Khal Drogo dan dijuluki khaleesi atau the queen oleh rakyat Dothraki. Ia diberi hadiah 3 telur naga yang nantinya menetas, sehingga Daenerys mendapat julukan mother of dragons
Jon Snow & Daenerys

Awalnya saya suka Eddard Stark, apalagi karena dia diperankan oleh Sean Bean yang memerankan Boromir di film The Fellowship of The Ring, tapi kemudian saya sakit hati ... Mau tahu kenapa? tonton sendiri saja Game of Thrones season 1. Kemudian saya suka Jon Snow dan Daenerys, tapi tidak mau terlalu suka, karena takut sakit hati lagi :p
Sekarang sedang dengan sabar menunggu keluarnya season 4 dan kejutan-kejutan apa lagi yang akan saya temukan :D

Oh iya, sebagai catatan akhir, film seri ini untuk konsumsi 17 tahun keatas ya, karena banyak adegan vulgar dan sadis yang eksplisit. Terlepas dari itu, selamat menonton! 
Silahkan berbagi pendapatmu di kotak komentar di bawah.

Jon Snow dan Ghost yang masih unyu-unyu >__<

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar