Jumat, 06 Juni 2014

Mindscape - Ingatan Tidak Selalu Sesuai Dengan Kenyataan

Akhir pekan lalu, saya mendapat kesempatan untuk bersantai dan menonton film sambil menemani seorang bayi lucu yang tertidur di sebelah saya... Judul filmnya adalah Mindscape, yang juga dikenal dengan judul ANNA.


Mindscape

Mindscape adalah sebuah perusahaan...yang menurut saya mirip private investigation agency. Perusahaan ini menaungi orang-orang yang memiliki bakat untuk memasuki ingatan orang lain (caranya dengan berpegangan tangan). Orang-orang ini disebut sebagai memory detective (kalau tidak salah...saya malas ngecek lagi, tonton sendiri saja filmnya ya :p) dan testimoni mereka dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan.

Ceritanya.... ada seorang memory detective bernama John Washington yang mengalami stroke saat sedang menangani suatu kasus. Setelah itu dia rehat selama kurang lebih dua tahun. Saat dia kembali bekerja, dia disodori tugas untuk menginvestigasi seorang gadis bernama Anna Greene. Entah apa alasannya, Anna yang sedari kecil dianggap agak kelainan jiwa itu sekarang mogok makan. Tugas John adalah membuat Anna mau makan lagi, terserah bagaimana caranya. Kelihatannya itu tugas yang cukup mudah bukan? Tapi tentu saja kenyataannya berbeda...

Impresi

Sewaktu baca sinopsis film ini, saya langsung tertarik. Orang yang memiliki kemampuan untuk masuk ke ingatan orang lain...hmm...mirip-mirip film The Cell (film jadul, dibintangi oleh Jennifer Lopez) ya? Tapi ternyata Mindscape lebih indah daripada The Cell. Saya senang sekali menontonnya, karena ada perasaan misterius yang mengikuti dari awal hingga akhir cerita. Sebenarnya alurnya tidak terlalu sulit ditebak, tetapi tetap saja saya menikmatinya...mungkin karena terpesona pada Taissa Farmiga yang memerankan Anna... hahaha.

Tokoh-Tokoh

John Washington diperankan oleh Mark Strong
John adalah seorang memory detective yang hebat, tapi performanya menurun setelah istrinya meninggal bunuh diri. Saat bertemu Anna, dia merasakan ketertarikan personal, terutama karena gadis itu memiliki nama yang sama dengan almarhumah istrinya... John sepertinya ingin menganggap Anna sebagai putrinya sendiri.
Anna Greene diperankan oleh Taissa Farmiga
Anna adalah gadis cantik dan pintar yang memiliki bakat seni mengagumkan. Sepanjang film ini kita dibuat bertanya-tanya: apakah gadis ini korban pelecehan ataukah seorang sosiopat?
Saya merasa familier dengan wajahnya... kemudian teringat bahwa dia yang memerankan Violet di serial TV American Horror Story season 1.

Memori

Satu hal yang menjadi fokus utama dalam film ini adalah memori/ingatan. Kita belajar bahwa tidak selamanya memori dapat diandalkan. Apa yang kita ingat belum tentu apa yang sebenarnya terjadi, karena perasaan dan pikiran kita dapat memanipulasi memori...


"this old man, he played three
he played knick knack on my knee
with a knick knack paddy whack
give the dog a bone
this old man came rolling home" 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar