Kamis, 29 Oktober 2015

Semalam di Rumah Kolektor Hantu

Hai kawan-kawan!
Ini #KamisHoror terakhir di Bulan Oktober, dan Halloween dua hari lagi. Tentu saja saya masih akan berbagi ulasan yang menyeramkan... ufufufu...

Kali ini, saya akan mengulas tentang film horor yang dirilis bertahun-tahun lalu... tepatnya tahun 2001. Pertama kali menontonnya, saya langsung suka dengan konsep-konsep yang disajikan. Sebuah rumah unik terbuat dari kaca, dan hantu-hantu mengerikan yang disekap di bawah tanah. Kalian bisa tebak film apa itu?

Ya, Thir13en Ghosts.
Sumber: Wikipedia

Film yang diproduksi oleh Dark Castle ini sebenarnya adalah remake dari film tahun 1960 berjudul 13 Ghosts--yang belum pernah saya tonton. Menurut Wikipedia, ada beberapa elemen yang sama, dan ada pula yang berbeda. Yang pasti, jenis-jenis hantu di kedua film itu berbeda.

Nah, mari kita langsung masuk ke jalan cerita Thir13en Ghosts.

Bagai mendapat durian jatuh?

Mungkin itu yang awalnya dirasakan oleh Arthur dan kedua anaknya, Kathy dan Bobby.
Semenjak peristiwa kebakaran merenggut rumah dan istrinya, Arthur terjebak dalam kesulitan finansial, kemudian tiba-tiba saja ada kabar bahwa Cyrus, paman Arthur, mewariskan harta kekayaannya. Dengan senang hati, Arthur, anak-anaknya, beserta seorang pengasuh anak, malam itu segera berangkat ke mansion yang katanya juga akan diwariskan pada mereka.

Mansion itu indah dan unik, terbuat dari kaca tebal (bukan dinding dari batu bata). Begitu mereka masuk ke dalam mansion, semua pintu dan jendela terkunci secara otomatis. Mereka terjebak!
Hmmm... rasa senang mulai berubah menjadi rasa takut dan panik.

Mansion berdinding kaca
Sumber: Youtube

Jangan berkeliaran sendirian di tempat asing

Sementara para orang dewasa mencari jalan keluar, anak-anak asyik mengeksplorasi mansion. Kathy, sang kakak, masuk ke ruangan yang dengan segera dia klaim sebagai kamarnya. Sedangkan Bobby menjelajah hingga ke ruang bawah tanah.

Ruang bawah tanah biasa saja sudah bisa membuat orang merinding, tapi basemen di mansion Cyrus ini benar-benar menyeramkan! Karena di situlah tempat Cyrus mengurung berbagai hantu yang dia buru dan koleksi selama ini. Keadaan jadi makin runyam ketika satu persatu, kurungan hantu-hantu itu terbuka...

Mungkin, ini jenis koleksi yang paling berbahaya

Semua orang senang mengoleksi sesuatu--batu, perangko, buku, motor, bahkan rumah. Tapi, koleksi hantu?? *Apa-apaan!* Yah, itulah yang Cyrus lakukan di film ini. Dan bukan sembarang hantu yang dia koleksi. Hantu-hantu itu harus memenuhi kriteria tertentu sesuai dengan Black Zodiac.
Lambang-lambang Black Zodiac
Sumber: Wikia

Black Zodiac ini konsep yang menurut saya sangat menarik. Sesuai judul film, Black Zodiac terdiri dari 13 hantu:

  1. The First Born Son. Sesosok bocah lelaki dengan sebatang anak panah mencuat dari kepalanya. Dia mengenakan baju koboi dan membawa kapak kecil. Pada dasarnya dia hanya ingin ditemani bermain. Anak ini tewas ketika bermain duel dengan tetangganya, yang ternyata memakai panah dan busur sungguhan.
  2. The Torso. Sesuai namanya, penampakan hantu yang satu ini hanya bagian tengah tubuh yang terbebat selotip... tanpa kepala dan kaki. Hmm... kepalanya ada deng, tergeletak di dekat tubuhnya, dengan mulut terbuka dan berteriak... Hantu ini sewaktu hidupnya adalah tukang judi yang kemudian tidak sanggup bayar utang kepada para mafia, sehingga dia dibunuh dan dimutilasi.
  3. The Bound Woman. Sesosok wanita bergaun indah, yang lehernya terikat dan tergantung di langit-langit... serta kedua tangan terikat di belakang tubuh. Semasa hidupnya, dia wanita yang sering mempermainkan lelaki, dan akhirnya dibunuh oleh salah satu kekasihnya yang merasa cemburu.
  4. The Withered Lover. Sesosok wanita mengenakan seragam pasien rumah sakit, membawa-bawa alat infus, dan memiliki luka bakar parah di tangan dan wajah.
  5. The Torn Prince. Pemuda dengan wajah dan tubuh tercabik-cabik karena terseret di bawah mobil. Dia membawa tongkat bisbol sebagai senjata.
  6. The Angry Princess. Tadinya dia gadis cantik yang tidak menyadari kecantikannya karena selalu dianiaya pacar. Dia mencoba melakukan operasi plastik pada dirinya sendiri dan (tentu saja) gagal. Akhirnya dia bunuh diri dengan menyayat-sayat tubuhnya dengan pisau sehingga dia tewas kehabisan darah. Hantunya (ehem) tidak mengenakan pakaian sama sekali.
  7. The Pilgrimess. Sebagai manusia, dia dituduh sebagai penyihir wanita dan dipasung, lalu dibiarkan tewas karena kelaparan.
  8. The Great Child. Sesosok pria obesitas yang mengenakan popok dan celemek. Kelakuannya seperti anak kecil karena selalu dimanja oleh ibunya. 
  9. The Dire Mother. Sesosok wanita cebol yang dulunya bergabung dengan karnival, diperkosa hingga hamil. Hantu nomer 8 dan 9 selalu muncul bersama-sama karena mereka ibu dan anak. 
  10. The Hammer. Semasa hidupnya, dia seorang pandai besi yang tewas karena dirantai ke pohon dan ditusuk-tusuk dengan paku. Lebih parah lagi, tangan kirinya diputus dan diganti dengan palu.
  11. The Jackal. Sesosok lelaki gila dengan baju pengekang dan kotak kecil yang mengurung bagian kepalanya. Dia satu-satunya pasien yang tewas ketika kebakaran melanda rumah sakit tempat dia dirawat.
  12. The Juggernaut. Sosoknya tinggi besar dan berpakaian compang camping. Walaupun penampakannya tidak terlalu mengerikan jika dibandingkan dengan hantu-hantu yang lain, dia adalah yang paling berbahaya. Semasa hidupnya, dia adalah seorang pembunuh berantai, dan tewas karena ditembaki oleh sejumlah polisi. Sebagai manusia, dia membunuh 9 orang, Sebagai hantu, dia membunuh 31 orang.
  13. The Broken Heart. Belum ada hantunya. Secara teori, hantunya harus merupakan orang yang mengorbankan nyawa demi orang-orang tercintanya

Semakin tinggi urutannya, semakin berbahaya atau agresif hantunya.

Hantu favorit saya adalah The Juggernaut, karena penampakannya sungguh menipu. Mendengar kata juggernaut, citra yang pertama kali muncul di benak adalah sosok raksasa berotot yang membawa senjata penghancur berukuran tak kalah besar dengan tubuhnya. Siapa sangka The Juggernaut dalam film ini hanya menggunakan tangan kosong untuk mencabik-cabik korbannya? *merinding*

The Juggernaut
Sumber: wallpaper222

Saya sengaja tidak menyertakan gambar-gambar hantu lainnya, karena sadis dan berdarah-darah... lumayan bisa membuat malas makan. Kalau kawan-kawan ada yang belum pernah menonton film ini dan penasaran, bisa cari gambar-gambar hantunya di internet. Ada banyak kok. Tapi saya sarankan sih tonton langsung filmnya.

2 komentar:

  1. cih, seseram apa sih?
    #siap-siapngumpet

    BalasHapus
    Balasan
    1. nonton aja deh :D
      seramnya seram seru kok, bukan seram yg mencekam :))

      Hapus