Jumat, 23 Mei 2014

Odd Thomas - Aneh Tapi Imut Lho!

Harusnya namanya itu Todd... tapi huruf "T"-nya tersangkut entah di mana di kantor yang mengeluarkan akta kelahiran, jadilah nama dia Odd.

Odd Thomas

image from impawards.com

Sinopsis

Odd memiliki kemampuan untuk melihat makhluk-makhluk supernatural, salah satunya adalah jenis makhluk yang disebut bodax. Para bodax senang mengerumuni orang yang waktu kematiannya sudah dekat seperti halnya para semut senang mengerumuni gula. Suatu hari, Odd melihat sejumlah bodax berkeliaran di dekat seorang pria yang bagian atas rambutnya dicat pirang (sebut saja dia si Cowok Jamur). Merasakan firasat buruk, Odd pun mengikuti si Cowok Jamur. Ternyata si Cowok Jamur dan tiga orang sohibnya sedang merencanakan pembunuhan massal. Odd bertekad untuk menggagalkan rencana mereka, walau nyawa taruhannya.
image from imdb.com

Oddy dan Stormy

Walaupun orangnya aneh, Odd punya kekasih lho...seorang gadis cantik bernama Stormy Llewellyn, dan mereka berdua benar-benar saling menyayangi. Waktu mereka kecil, seorang peramal menyatakan bahwa mereka berdua akan 'bersama selamanya.' Menurut saya mereka berdua memang cocok sekali. Sifat keduanya unik (orang lain mungkin menyebutnya aneh) dan interaksi antara mereka berdua benar-benar menggemaskan. Keduanya juga bekerja di bidang yang berhubungan dengan makanan: Odd adalah koki di sebuah rumah makan, sedangkan Stormy adalah pegawai di toko es krim.

Filmnya...

Kalau boleh menggambarkan film Odd Thomas dengan satu kata, saya akan memilih kata "lucu." Ya, lucu. Di awal film ada adegan perkelahian dan kejar-kejaran dengan banyak slow-mo yang bukannya bikin dramatis, malah bikin saya ingin tertawa. Adegan Stormy yang pergi meninggalkan Odd dengan mengendarai scooter-nya dan berkata pada dirinya sendiri: "Don't look back, don't look back" juga menurut saya agak lucu. Bahkan...penjahat-penjahatnya pun lucu! Tapi saya tidak akan bilang siapa saja mereka itu, karena akan jadi spoiler tuh :p

Secara keseluruhan, saya menikmati menonton film ini, walaupun saya tidak akan merekomendasikannya pada orang-orang yang skeptis dan suka film serius. Menonton Odd Thomas tidak perlu berpikir, cukup dinikmati saja.

Tokoh-tokoh

Ada tiga tokoh utama dalam film ini: Odd, Stormy, dan Chief Wyatt Parker. Tokoh-tokoh sampingannya kurang menarik dan tidak ada yang layak dibahas :p
Odd Thomas diperankan oleh Anton Yelchin
Selain aneh dan baik hati, menurut saya Odd Thomas itu juga naif dan kasar. Kasar dalam arti dia bertindak tanpa pikir panjang, seolah-olah semua hal itu penting dan harus dilakukan sesegera mungkin. Contohnya ketika dia bertemu pembunuh, langsung dia kejar-kejar (sampai menghancurkan pesta seseorang); waktu ketemu Cowok Jamur, langsung dikuntit; waktu lihat rumah mencurigakan, langsung menyusup ke dalam dan menyelidiki sendiri. Entah dia itu berani atau bodoh...atau sok pahlawan.
Stormy diperankan oleh Addison Timlin
Stormy itu asik, keren, dan cantik! Dia ramah sama orang lain, tapi dia juga bisa bersikap tegas pada orang-orang yang mengganggunya. Sebenarnya saya berharap bisa melihat lebih banyak sepak terjang Stormy...
Chief Wyatt diperankan oleh Willem Dafoe
Chief Wyatt tahu bahwa Odd bisa melihat makhluk halus, dan bahwa kemampuan cowok aneh itu bisa membantunya menangkap penjahat, tapi sepertinya dia juga kewalahan kalau harus selalu membereskan kerusakan yang diakibatkan oleh Odd. Chief Wyatt malah seolah-olah berperan sebagai ayah pengganti bagi Odd.

Buku

Setelah beres nonton, barulah saya berselancar di dunia maya dan menemukan bahwa film ini berdasarkan novel! Hahaha...kudet sekali saya :p Lihat di Goodreads sih novelnya terkenal dan ratingnya lumayan, tapi saya tidak berminat untuk membacanya karena novel itu berseri (panjang)... dan sudah sampai buku ketujuh. Malas ah.
image from goodreads.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar