Selasa, 13 Mei 2014

Deep Rooted Tree - Yuk Belajar Aksara Korea

Halo!
Ini tulisan pertama saya di blog ini di tahun baru 2014! Sudah telat empat bulan lebih ya :)) Saya terlalu asyik mengurus bayi yang baru lahir akhir Desember kemarin sehingga enggan meluangkan waktu untuk membaca buku, apalagi menonton film dan serial TV. Jadi, harap dimaklumi ya kalau pada kesempatan kali ini saya akan membahas dwilogi novel terbitan Qanita hasil garapan saya beberapa bulan lalu. Jangan dikira narsis...hihihi. Secara objektif novelnya memang bagus kok, layak direkomendasikan.

Novel yang saya maksud adalah...

Deep Rooted Tree karya Lee Jung-myung


Ini penampakan sampul depannya:

















Walaupun dikelompokkan ke dalam K-Romance, novel yang satu ini kadar romansanya sedikit. Lebih kental  nuansa misterius yang melingkupi serangkaian kasus pembunuhan sebagai inti dari cerita Deep Rooted Tree. Karena itulah desain sampulnya pun tidak feminin atau didominasi warna-warna lembut.

Sinopsis Cerita

Pada zaman dahulu, saat Dinasti Joseon (sekarang Korea) dipimpin oleh Raja Sejong, terjadi pembunuhan berantai di Istana Gyeongbok. Korban-korbannya adalah para cendekiawan Jiphyeonjeon yang sedang mengerjakan misi rahasia. Untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai ini, ditugaskanlah seorang pemuda dari Pasukan Patroli Kerajaan bernama Kang Chae Yoon.
Chae Yoon orangnya giat bekerja dan pantang menyerah, tapi dia kesulitan menjalankan tugasnya kali ini karena pangkatnya rendah dan dia tidak bisa sembarangan menginterogasi orang-orang berpangkat tinggi yang dia curigai. Salah satu tersangka kuat yang ingin Chae Yoon selidiki adalah Mu Hyul, pengawal pribadi Raja Sejong. Sedikit saja menyinggung Mu Hyul, bisa melayang kepala Chae Yoon. Meskipun mendapat hambatan seperti itu, untungnya Chae Yoon juga mendapatkan bantuan dari orang-orang istana, di antaranya Garion (tukang jagal sekaligus ahli autopsi), Lee Sun Ji (cendekiawan ahli astronomi), dan So Yi (seorang dayang bisu yang misterius).
Pada akhirnya, dapatkah Chae Yoon memecahkan kasus ini?
Dan apa kaitan kasus pembunuhan berantai ini dengan penciptaan Hangul, aksara Korea yang saat ini kita kenal?

Foto-Foto di Dalam Buku

Saya paling suka dengan buku yang ada ilustrasi atau fotonya, karena membacanya jadi tidak bosan :D Nah, dalam Deep Rooted Tree, dua-duanya ada! Ilustrasi ada, foto-foto juga ada. Bahkan ada denah kuno Istana Gyeongbok. Foto-foto yang ditampilkan adalah lokasi-lokasi di sekitar Istana Gyeongbok, termasuk lokasi-lokasi pembunuhannya. Format foto yang hitam putih malah menambah kesan kuno yang sangat sesuai dengan sebuah novel sejarah.




Novel dan Drama

Ada beberapa novel Korea yang diadaptasi dari drama, tapi Deep Rooted Tree termasuk novel yang diadaptasi ke dalam drama. Novelnya sendiri memang sudah cukup terkenal di Korea. Ada perbedaan alur cerita dalam novel dan dramanya. Sejauh yang saya perhatikan, dramanya memang lebih dramatis dan banyak menceritakan masa lalu Chae Yoon dan Raja Sejong.
Drama Deep Rooted Tree dibintangi oleh Jang Hyuk sebagai Chae Yoon, Shin Se Kyung sebagai So Yi, dan Han Suk-Kyu sebagai Raja Sejong.


Sebagai tambahan, yang memerankan Raja Sejong muda adalah si imut-imut Song Joong Ki... XD

Tentang Penulis

Penulis novel ini namanya Lee Jung-myung, dan dia juga yang menulis novel The Painter of Wind (sudah diadaptasi pula ke dalam format drama, dibintangi oleh Moon Geun-young). Orangnya sepertinya lumayan ganteng. Hahaha :p

Goodreads, anyone?

Buat teman-teman yang punya akun Goodreads, silahkan tambahkan novel ini ke rak buku kalian. Jangan lupa beri rating dan tulis review kalau sudah selesai baca novelnya ya...
Deep Rooted Tree #1
Deep Rooted Tree #2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar