Kamis, 28 November 2013

The Master's Sun - Bagi Para Hantu, Dia Seterang Matahari

Tidak terasa Bulan November sudah hampir berakhir.
Dan saya belum menulis sesuatu yang baru di blog ini! >,< Padahal ada beberapa buku yang saya baca dan beberapa film yang saya tonton. Mungkin semuanya kurang meninggalkan kesan yang mendalam bagi saya.
Namun demikian, kali ini saya akan coba membahas sebuah serial drama Korea yang berjudul The Master's Sun.


Alur Cerita

Tae Gong Shil/The Sun
Wanita yang tampak menyedihkan di samping ini adalah Tae Gong Shil, nama julukannya adalah Tae Yang (artinya matahari/sun). Dia pemeran utama serial drama ini, dan dia dapat melihat hantu. Gara-gara kemampuannya inilah sang matahari yang tadinya bersinar cerah terpuruk dalam gelapnya kehidupan. Bagaimana tidak? Hantu-hantu selalu mengikutinya kemanapun dia pergi, dan mereka meminta Gong Shil melakukan berbagai macam hal agar mereka dapat tenang dan tidak bergentayangan lagi. Semua orang memandang Gong Shil dengan aneh dan menganggapnya sudah gila. Karena terus-menerus dipecat dari tempat kerjanya, akhirnya Gong Shil bekerja sebagai pengurus gedung apartemen sederhana (lebih mirip indekos sih...). Setidaknya disini Gong Shil tidak harus sering melakukan interaksi sosial, alias dia bisa menyendiri (dan meratapi nasibnya).

Joo Joong Won/The Master
Suatu ketika, Gong Shil bertemu dengan seorang pria tampan nan mapan bernama Joo Joong Won. Saat Gong Shil menyentuh Joong Won, tiba-tiba saja hantu yang mengikutinya menghilang! Tentu saja Gong Shil sangat gembira dan bertekad untuk terus berada di dekat Joong Won agar bisa menyentuhnya kapan pun dia diganggu hantu. Masalahnya, Joong Won mana sudi didekati oleh wanita yang mirip gelandangan ini. Ya, Joong Won kan presdir sebuah mall terkenal, Kingdom, bahkan dia dijuluki master oleh para anak buahnya. Tapi Gong Shil pantang menyerah. Berbagai cara dia lakukan untuk dapat diterima bekerja di Kingdom (awalnya sebagai staf cleaning service). Joong Won yang awalnya selalu mengusir Gong Shil, lambat laun mulai percaya bahwa Gong Shil dapat melihat hantu. Joong Won bahkan meminta Gong Shil membantunya menemukan sebuah kalung super mahal yang keberadaannya hanya diketahui oleh seorang wanita yang sudah meninggal. Gong Shil memang pernah melihat hantu wanita yang bernama Cha Hee Jo itu di dekat Joong Won, tapi sang hantu menolak memberitahukan dimana kalung berharga itu berada.

Gang Woo
Sementara itu, di apartemen tempat Gong Shil tinggal datang penghuni baru: seorang pria tampan bernama Gang Woo. Gang Woo bekerja di Kingdom sebagai security guard, tapi sebenarnya dia orang suruhan ayahnya Joong Won yang bertugas untuk memata-matai gerak-gerik Joong Won, juga menyelidiki kasus penculikan yang dulu pernah menimpa Joong Won dan menyebabkan hilangnya kalung berharga. Sejak awal, Gang Woo tertarik pada tingkah laku Gong Shil yang unik, dan akhirnya dia pun mengakui bahwa dia menyukai Gong Shil. Pengakuan ini membuat Gong Shil salah tingkah dan Joong Won diam-diam cemburu. Gang Woo sebenarnya orang yang penakut akan hantu, jadi awalnya Gong Shil ragu-ragu untuk memberitahukan kenyataan bahwa dia dapat melihat hantu (Gang Woo pasti akan membencinya!). Tapi setelah akhirnya mengetahui hal ini, Gang Woo berusaha untuk menjadi lebih berani karena dia ingin melindungi Gong Shil (dia tidak mau kalah dari Joong Won, karena Gong Shil selalu meminta perlindungan pada Joong Won).

Tae Lee Ryung
Oh, tidak, ini bukan cerita cinta segitiga antara Gong Shil, Joong Won dan Gang Woo. Suasana makin ricuh berkat keterlibatan seorang wanita angkuh bernama Tae Lee Ryung. Lee Ryung adalah seorang aktris terkenal (tidak heran dia begitu angkuh) yang menjadi model iklan di Kingdom. Dahulu, dia satu SMA dengan Gong Shil dan selalu menjadi bayang-bayang Gong Shil. Kalau Gong Shil dijuluki matahari besar, maka Lee Ryung dijuluki matahari kecil (karena nama keluarga mereka sama-sama Tae). Karena itulah, Lee Ryung tidak suka pada Gong Shil hingga sekarang. Kebenciannya makin menjadi-jadi ketika dia tahu bahwa Gang Woo yang diam-diam dia taksir ternyata menyukai Gong Shil!

Opini

Saya menyukai episode-episode awal The Master's Sun dimana hantu-hantu mengerikan muncul dengan kisah tragis mereka masing-masing. Namun lama kelamaan hal ini jadi membosankan karena ujung-ujungnya Gong Shil selalu sukses membantu mereka untuk tenang dan melanjutkan perjalanan ke akhirat. Episode-episode terakhir lebih banyak drama dan percintaannya dibandingkan dengan misterinya. Saya jadi mengantuk menontonnya.... dan ketika saya terbangun lagi, tiba-tiba saja sudah happy ending! Hore! *apaan coba.

Yang jelas, The Master's Sun adalah drama Korea yang cukup menyegarkan di tengah maraknya drama percintaan dengan intrik-intrik yang membosankan. Walaupun tetap masih bisa ditemukan hal-hal klise di dalamnya, secara keseluruhan drama yang terdiri dari 17 episode ini layak tonton.


Trivia


  • Pemeran Tae Gong Shil, yakni Gong Hyojin, pernah menjadi bintang tamu di variety show favorit saya, Running Man. Ketika itu dia dipasangkan dengan Lee Kwang Soo (anggota Running Man yang paling tinggi), jadi Hyojin tampak sangat imut, padahal dia sudah pakai sepatu hak super tinggi.
  • Pemeran Gang Woo, yakni Seo In Guk, adalah seorang penyanyi. Dia adalah pemenang dari acara pencarian bakat musik Superstar K. Dia juga menyanyikan lagu soundtrack untuk The Master's Sun, judulnya No Matter What.
  • Ada Min-Ah di episode 2. Min-Ah adalah salah satu anggota girlband Girl's Day.
  • Ada Lee Chun Hee di episode-episode akhir. Penggemar variety show Family Outing pasti mengenalinya--dia anggota yang paling lemah dan sering ditindas oleh Kim Soo Ro dan Lee Hyori (dan semua anggota lainnya sih...). Menurut saya, peran Chun Hee disini terkesan agak dipaksakan, dan saya tidak bisa berhenti cekikikan melihat tampangnya yang serius, karena di Family Outing dia begitu mengenaskan.
  • Anggota boyband Infinite, L, memerankan Joo Joong Won ketika masih remaja. L juga pernah menjadi bintang tamu di Running Man.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar