Senin, 12 Agustus 2013

The Conjuring - Investigasi Paranormal yang Penuh Kejutan

Selasa 6 Agustus kemarin, saya dan suami saya pergi menonton film The Conjuring di bioskop Mall Cijantung. Berhubung tempatnya sangat dekat dari rumah, kami bersantai-santai dan berangkatnya mepet jam tayang yang kami incar, yakni 15:30. Ternyata oh ternyata, tiket untuk jam itu sudah SOLD OUT! Saya sempat bete, tapi kemudian suami menyarankan nonton yang jam 20:00 dan kami pun langsung beli tiketnya lalu pulang lagi deh :)) Berangkat lagi ke bioskop jam 19:00 dan pas banget dengan dibukanya pintu teater.

Sinopsis

Ed dan Lorraine Warren adalah sepasang suami istri yang berprofesi sebagai paranormal investigator. Suatu ketika di tahun 1971, Ed dan Lorraine dimintai tolong oleh Carolyn dan Roger Perron untuk menyelidiki rumah mereka. Keluarga Perron, yakni Carolyn, Roger, dan kelima anak perempuan mereka baru saja pindah ke sebuah rumah di daerah pedesaan (rumah itu mereka beli lewat lelang) dan makhluk-makhluk halus penghuni rumah itu tak henti-hentinya mengganggu mereka. Setiap malam, semua jam di rumah itu selalu berhenti di pukul 03.07, semua bingkai foto yang dipasang di dinding jatuh dengan sendirinya,, anjing keluarga tewas secara misterius, dan berbagai gangguan lain yang semakin lama semakin berbahaya.
Lorraine yang memiliki kemampuan psikis, dapat melihat sesosok makhluk hitam yang membayangi Keluarga Perron kemanapun mereka pergi. Ia juga dapat mengetahui bahwa sosok itu memiliki kebencian dan dendam yang sangat kuat yang dapat membahayakan nyawa Keluarga Perron. Ed dan Lorraine menyarankan untuk melakukan eksorsisme pada rumah tersebut. Namun, eksorsisme hanya dapat dilakukan seizin Gereja Vatikan. Karenanya, mereka harus terlebih dulu mengumpulkan bukti-bukti yang cukup meyakinkan akan aktifitas supernatural di rumah itu. Mereka tidak punya banyak waktu, karena makhluk halus di rumah itu sangat kuat dan kejam, hingga nyawa Ed dan Lorraine, dan putri tunggal mereka, ikut terancam.
Ed & Lorraine Warren

Resensi

Karena diangkat dari kisah nyata, sudah dapat ditebak bahwa cerita ini akan berakhir bahagia dan semua orang (setidaknya semua tokoh utamanya) berhasil selamat. Tentu saja mereka harus tetap hidup untuk dapat menyampaikan kisah mengerikan ini kepada khalayak ramai. Jangan mengharapkan twist apapun kalau kamu tidak mau kecewa :D Cukup nikmati saja film yang penuh adegan kejutan ini tanpa banyak berpikir.
Memang ada beberapa adegan klise yang biasa ditemukan di film horor, tapi banyak juga adegan yang tidak terduga. Misalnya, kita menduga makhluk halusnya akan menampakkan diri, tapi ternyata tidak. Ada satu adegan yang sukses membuat saya menjerit kaget (suatu hal yang langka) karena saat itu saya menoleh ke samping untuk mengobrol dengan suami saya dan begitu saya melihat lagi ke layar, saya langsung dihadapkan pada penampakan makhluk halus secara close-up :))
Nuansa jadul sangat terasa di film ini, mulai dari gaya berpakaian para tokohnya hingga berbagai peralatan yang muncul di film (TV, radio, alat perekam gambar). Saya pribadi paling suka dengan satu ruangan di rumah Keluarga Warren yang berisi berbagai artifak menyeramkan dari berbagai investigasi yang mereka lakukan. Di ruangan yang mirip gudang itu terdapat berbagai benda yang dikutuk atau dihuni oleh makhluk supernatural. Dilihat dari banyaknya jumlah benda di ruangan itu, Ed dan Lorraine pastilah orang-orang yang sangat sibuk dengan pekerjaan mereka.
Selain itu, musik dan lagu-lagu di film ini juga sangat membangun atmosfer menyeramkan. Asik deh pokoknya XD Kalau main ke YouTube, bisa cek tautan ini untuk daftar lengkap soundtrack The Conjuring.


Walaupun suami saya bilang film ini kurang menyeramkan (mungkin karena dia sudah sering melihat makhluk-makhluk yang lebih menyeramkan di dunia nyata), secara keseluruhan, saya sangat suka film ini dan saya sangat merekomendasikannya kepada para penggemar film horor di luar sana :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar