Senin, 04 April 2016

Gravel The Graveyard Book

Penulis favorit?
Semua orang tahu penulis favorit saya adalah Neil Gaiman.

Bulan lalu, dengan senang hati saya membeli The Graveyard Book karya Neil Gaiman yang diadaptasi ke dalam format gravel (graphic novel) oleh P. Craig Russell. Saya membelinya tak lain tak bukan di Periplus, yang menawarkan harga cukup murah untuk menebus buku yang halamannya di atas 170, full color on matte paper.


Dari satu novel diadaptasi menjadi dua volume gravel. Saya sudah lama sekali membaca versi novelnya, jadi sudah lupa detail-detail kisahnya (hanya ingat garis besarnya), tapi sepertinya versi gravel ini faithful terhadap versi novelnya.

Bisa dilihat dari sampul depannya bahwa gravel The Graveyard Book memiliki beberapa ilustrator. Beda bab beda pula ilustratornya. Tapi jangan khawatir... ciri khas masing-masing tokohnya tetap sama kok, hanya beda gaya ilustrasi saja (dan beda atmosfer).


Penggambaran tokoh yang mungkin agak melenceng dari ekspektasi saya adalah The Man Jack. Entah mengapa selama ini saya membayangkan dia sebagai sosok yang ramping menakutkan (meskipun Silas lebih ramping dan lebih menakutkan dari dia). Serta sosok Grey Lady yang saya bayangkan lebih misterius dan cantik.

Selain dua tokoh itu, yang lainnya sudah sesuai bayangan; Bod, suami istri Owens, Silas, dll.

Ah, iya... hampir lupa!
#tepokjidat

Untuk kawan-kawan yang belum tahu jalan cerita The Graveyard Book, berikut ini sinopsisnya:

Suatu malam, satu keluarga dibantai pembunuh berdarah dingin. Nyaris semua orang tewas, kecuali anak bungsu keluarga tersebut, balita yang baru belajar merangkak dan berjiwa petualang. Secara mengagumkan dan mengejutkan, sang balita berhasil keluar dari tempat tidurnya, keluar kamar, menuruni tangga, dan--melihat pintu depan terbuka lebar--keluar rumah. Dia merangkak ke atas bukit, ke arah kompleks pemakaman.

Sang pembunuh mengendus jejak sang balita, dan bergegas mengejarnya... tapi begitu balita itu masuk ke dalam pemakaman, dia seolah diselubungi kabut dan menghilang begitu saja. Sang pembunuh malah bertemu sosok misterius yang mengaku sebagai penjaga pemakaman, dan entah bagaimana sang pembunuh jadi lupa tujuannya semula, dan dengan patuh digiring pergi.

Ternyata para hantu penghuni pemakaman, dibantu sang sosok misterius yang bernama Silas, sepakat untuk melindungi dan merawat sang balita. Mereka memberinya nama Bod. Kependekan dari Nobody.

Maka dimulailah kehidupan Bod di pemakaman. Banyak sekali petualangan yang dia alami di sana. Dan tahun demi tahun berlalu hingga akhirnya tiba waktunya bagi Bod untuk berhadapan kembali dengan pembunuh yang telah membantai keluarganya.

Premisnya sangat menarik. Berbagai kejutan dan keseruan muncul di tiap babnya, sehingga pembaca akan terus penasaran hingga akhir cerita.


Tanpa banyak pikir, saya beri 4 bintang untuk gravel The Graveyard Book. Kenapa tidak 5 bintang? Yah, karena gravel ini bagus tapi tidak membuat saya tercengang-cengang. Kesan yang ditimbulkan tidak sekuat ketika saya membaca versi novelnya.


Nah, karena ini dari penulis favorit, langsung saja saya sertakan dalam tantangan membaca SEVENEVES no.10: buku dari penulis favorit. Sebuah tantangan dari Mbak Mary yang semua orang tahu penulis favoritnya adalah Darren Shan ^^.

Cari tahu lebih banyak tentang SEVENEVES di sini dan ikutan juga tantangannya ya :)
Mari mengawali Bulan April ini dengan penuh semangat (membaca)! Hahaha.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar